Assalamualaikum hai ^^ Selamat Datang ke blog Intan Sofea.. Di kesempatan ini saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu ^^.. Nama saya Nur Intan Sofea binti Rosmadi.. Umur 19 tahun.. Mengambil kursus Pangkalan data dan Aplikasi Web.. Merupakan pelajar dari Kolej Vokasional Kuala Selangor ;) // Hai ^^ Welcome To my blog Intan Sofea.. Let me intro first.. My name is Nur Intan Sofea binti Rosmadi.. 19 years old.. take courses Database Management and Web Application.. Student from College Vocational Kuala Selangor ;)

Monday 3 March 2014

VALIDATION RULE AND VALIDATION TEXT

Hui~! Assalamualaikum kepada pembaca blog saya, terima kasih kerana sudi melihat sambungan tentang panduan membuat jadual ms access nih yaaa :) nih yang semangat nak terangkan nih hahahahah okay Di dalam field properties terdapat validation rule dan validation text. Validation bermaksud keesahan sesuatu data, maka validation rule membolehkan pengaturcara membuat peraturan kemasukan data oleh pengguna agar pengguna tidak memasukan data yang tidak sah (invalid). Manakala validation text pula akan memberitahu pengguna tentang kesalahan memasukkan data tersebut.

contoh;


A. Validation pada Field

Syarat DataRumus Validation Rule pada  FieldPenjelasan
Hanya menerima huruf saja (a – z).Is Null OR Not Like “*[!a-z]*”Semua karakter selain huruf a-z (kapital dan tidak) ditolak.
Hanya menerima angka (0 – 9) sajaIs Null OR Not Like “*[!0-9]*”Semua karakter selain 0-9 ditolak (Decimal dan tanda negatif ditolak.)
Hanya menerima huruf dan spasiIs Null Or Not Like “*[!a-z OR "" ""]*”Selain huruf dan spasi ditolak.
Hanya menerima huruf dan angka sajaIs Null OR Not Like “*[!((a-z) or (0-9))]*”Selain huruf dan angka ditolak
Harus terisi 8 karakterIs Null OR Like “????????”tanda tanya mewakili 1 karakter.
Harus terisi tepat 4 digit angkaIs Null OR Between 1000 And 9999Jika type fieldnya number
Is Null OR Like “####”Jika type fieldnya text.
Hanya menerima bilangan positifIs Null OR >= 0Cukup jelas
tidak boleh lebih dari 100%Is Null OR Between -1 And 1100% adalah 1. Jika presentase negatif tidak diijinkan, maka -1 diganti 0.
Tanggal tidak boleh lebih dari saat ini.Is Null OR <= Date()cukup jelas
Alamat EmailIs Null OR ((Like “*?@?*.?*”) AND
(Not Like “*[ ,;]*”))
Setidaknya terdiri dari 1 karakter, @,minimal 1 karakter lagi, titik, minimal 1 karakter lagi. Spasi, koma, titik koma tidak diijinkan.
Terbatas pada karakter tertentuIs Null OR “L” Or “P” Hanya huruf L dan P saja
Is Null OR IN (1, 2, 4, 5)operator IN dapat menggantikan OR
Yes/No/Null fieldIs Null OR 0 or -1filed bertype Yes/No di Access tidak dapat diisi null seperti pada database lain. Untuk mensimulasikan Yes/No/Null, gunakan field bertype number (size Integer)(Access mengasumsikan 0 sebagai False, and -1 sebagai True.)






B. Validation Rule pada Table


Pada saat berada di tampilan design table, buka Properties Box, Anda akan melihat Validation Rule yang lain. Ini adalah validation rule untuk table.
Validation rule ini diterapkan setelah semua field  dimasukkan, sebelum record ini tersimpan (1 record = satu baris data).
validation rule ini akan membandingkan nilai dari beberapa field. Bisa juga validasi dilakukan sampai saat terakhir sebelum record disimpan.
Contoh:


SyaratValidation Rule untuk TablePenjelasan
Tanggal selesai tidak boleh sebelum tanggal mulai.([TglMulai] Is Null) OR
([TglSelesai] Is Null) OR
([TglMulai] <= [EndDate])
Syarat terpenuhi jika kedua field tanggal dikosongkan.Atau tanggal mulai harus sebelum atau sama dengan tanggal selesai.
Jika field1 terisi, maka field2 juga harus terisi. ([Field1] Is Null) OR ([Field2] Is Not Null)Syarat terpenuhi jika Field1 kosong; filled in. atau field2 juga terisi.
hanya salah 1 field saja yang boleh terisi([Field1] Is Null) XOR ([Field2] Is Null)XOR adalah exclusive OR.

No comments:

Post a Comment