Assalamualaikum korangg semua haha sihat? tadi kan, pensyarah suruh post mengenai fungsi file, sort dan filter tapi ada sekali contoh lah pulak haha nak buat macam mana dah tiba-tiba terlebih rajin -.-" okay abaikan jela yang penting dah siap jadi boleh lihat dibawah ini ^^ mula-mula saya akan menerangkan fungsi find terlebih dahulu. Fungsi find pada Microsoft Excel adalah fungsi untuk mencari suatu huruf atau text dari suatu cell dan menghasilkan angka urutan ke berapa huruf tersebut pada cell yang dicari.
Cara penulisan Fungsi Find():
Find (text_cari, text_sumber, awal_pencarian)
- text_cari adalah huruf atau text yang dicari pada text_sumber.
- text_sumber adalah text atau kalimat dimana huruf atau text_cari akan dicari.
- awal_pencarian adalah nombor ke beberapa pencarian mulai dilakukan, jika primeter ini kosong maka pencarian dilakukan dari awal.
Misalkan pada cell A2 ada tulisan "Miriam McGovern" (tanda tanda petik).
Maka:
~Formula =Find("M", A2) akan menghasilkan nilai 1
~Formula =Find("m",A2) akan menghasilkan nilai 6
~Formula =Find("M", A2, 3) akan menghasilkan nilai 8
Sorting : Fungsi sorting digunakan untuk mengurutkan data baik secara ascending (naik) maupun descending (turun)
LANGKAH :
· Buka Tabel Buku
·
Blok field yang akan diurutkan dengan mengklik
record
·
Pilih Ascending (A – Z) atau Descending (Z – A)
~Menampilkan data Siswa dengan NIS tertentu
~Menampilkan data Buku yang dikarang oleh penerbit dan penulis tertentu
~ Menampilkan data Meminjam yang terjadi pada tanggal tertentu
- Buka Tabel Meminjam
- Tempatkan kursor pada atribut yang akan difilter
- Klik kanan kemudian pilihlah :
Does Not Equals : menghasilkan nilai selain nilai yang sama dengan nilai yang dipilih
Contains : menghasilkan nilai yang mengandung nilai yang dipilih pada seluruh item
Does Not Contains : menghasilkan nilai selain yang terkandung pada nilai yang dipilih
Good stuff, keep on sharing the knowledge among other boggers, keep it up ya...
ReplyDeletehehe, thanks abah ><
ReplyDelete